Senin, 28 Agustus 2017

ANTV, TRANSTV, TRANS7, NET TV migrasi ke satelit TELKOM 3S ?

mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa siaran televisi melalui parabola seperti ANTV, TRANSTV, TRANS7, NET dll dengan satelit TELKOM 1 (108°) derajat bujur Timur ,beberapa hari ini (lost signal), seperti yang kita tahu, masa aktif satelit TELKOM 1 yang di rencanakan 15 tahun, yang seharusnya sudah berakhir pada tahun 2014, yang lalu, namun nyatanya aktif sampai tahun ini, karena dipaksakan menggunakan tenaga cadangan. Sehingga rawan gangguan teknis atau bahkan satelit offline.

Dampak yang terkena imbas yakni semua channel lost signal dan jaringan beberapa bank yang menggunakan satelit ini tidak berfungsi.

Untuk itu, beberapa televisi swasta yang berapa di satelit TELKOM 1 membuat transporder backup sementara di satelit PALAPA D (113°) yang beberapa channel sementaranya masih aktif per hari ini 28/8/2017. Dan pada hari ini 28/8/2017 beberapa channel yang dulunya berada di satelit TELKOM 1 sudah mulai migrasi ke satelit TELKOM 3S yang baru yang baru di luncurkan februari 2017, satelit TELKOM 3S sendiri berapa pada (orbit 118° bujur barat) berbeda dengan satelit TELKOM 1 yang berada pada orbit berbanding terbalik pada orbit 108° bujur Timur).

maka untuk itu bagi pengguna 2 LNB satu parabola yaitu gandengan antara satelit PALAPA dng satelit telkom 1 (dulu) ttp bisa menggunakan satelit Telkom 3S, yaitu dengan merubah pengaturan 22Khz LNB menjadi terbalik, "contoh" yang dulu satelit PALAPA (di fokus) 22K nya "OFF" ubah ke "ON" dan sebaliknya juga ubah di satelit TELKOM, istilahnya di tukar 22k nya ON OFF nya, sehingga fokus parabola di satelit TELKOM 3S tidak lagi di satelit PALAPA, setelah merubah membalik pengaturan bisa memasukan frekuensi di gambar, apabila ttp tidak ada sinyal ubah posisi parabola sedikit ke timur (geser hanya sekitar 5°) tidak terlalu miring ke bawah.

dan apabila tetap ingin satelit PALAPA, menjadi LNB fokus cukup putar tiang fokus 180° sehingga dulu LNB yang ke 2 untuk menangkap satelit TELKOM 1 sebelah timur, di ubah ke sebelah barat, yang dulunya agak condong ke timur sekarang ke arah barat karena posisi TELKOM 1 dan PALAPA hanya selisih 5° (TELKOM 1 108° - PALAPA 113°) dan (TELKOM 3S 118° - PALAPA 113°) selisih yang sama 5°.

Untuk yang tidak mengerti ada baiknya panggil saja teknisi parabola yang lebih paham dengan hal ini.

Catatan : kemungkinan besar SEMUA siaran yang dulu berapa di TELKOM 1 akan migrasi ke TELKOM 3S, ini hanya prediksi saya saja karena sudah beberapa TP sudah stay di TELKOM 3S per hari ini (28/8/2017) seperti TRANSTV, TVRI aceh dll sambil kita nantikan informasi resmi dari pihak telkom.

#FORSATKALBAR
#KALBARSATELIT
www.ridhorizshare.com
Disqus Comments