Sabtu, 04 Januari 2014

Di Awal 2014, Qualcomm Pamer Kemampuan Snapdragon 805

Lama tak terdengar pasca kontroversi pernyataan salah satu eksekutifnya seputar prosesor 64-bit, Qualcomm kini muncul di awal tahun 2014 dengan memamerkan kemampuan chipset Snapdragon 805 secara eksklusif pada Engadget.



Demo ini menggunakan sebuah tablet developer dengan display 2560x1440, CPU Snapdragon 805 plus GPU Adreno 420, dual camera dengan 3D sensor plus surround sound. Masing-masing kelengkapan tersebut ditujukan untuk memamerkan kemampuan Snapdragon 805 dalam menangani tugas dari aplikasi kamera, rendering 3D, efisiensi grafis, serta playback video 4K.

Snapdragon 805 akan langsung hadir dengan dukungan untuk photo management level advanced lewat aplikasi 3 buah aplikasi. Aplikasi pertama adalah UbiFocus, sebuah aplikasi yang akan memungkinkan pengguna untuk mengganti area fokus di dalam foto, tak peduli kamera jenis apapun yang ada di dalam smartphone. Selain itu ada aplikasi Optizoom yang mampu menajamkan sebuah bagian tertentu saja dalam sebuah foto, serta aplikasi Chromaflash untuk meningkatkan tingkat pencahayaan foto dengan menambahkan efek flash atau pencahayaan alami.

Untuk GPU Adreno 420, Qualcomm mengatakan bahwa GPU ini akan menghadirkan performa grafis yang 40 persen lebih baik daripada pendahulunya. Tak hanya itu, GPU Ini juga mampu melakukan streaming 8 jenis feed video 3D untuk memberikan kualitas video yang menakjubkan, tak peduli dimanapun pengguna berada. Adreno 420 juga akan memiliki dukungan untuk ‘hardware tessellation’ atau geometri lain yang akan mampu meningkatkan kualitas grafis.

Qualcomm mengklaim bahwa Snapdragon 805 akan mampu menghadirkan performa grafis game selevel konsol, namun tetap mempertahankan konsumsi energi baterai yang tidak boros/efisien. Salah satu fitur utama dari Snapdragon 805 adalah dukungannya untuk playback dan juga recording video 4K. Prosesor ini memiliki dukungan 4K HEVC (high efficiency video coding), alias kemampuan untuk melakukan decoding dan streaming video berkualitas tinggi tanpa menguras energi baterai. Jika Anda penasaran dengan video demonya, langsung saja akses website Engadget
Disqus Comments