Senin, 03 Maret 2014

Apple CarPlay, Hadirkan iOS di Dashboard Mobil

Mengemudi sambil mengoperasikan ponsel mungkin bukan ide yang baik, bahkan menggunakan perangkat seperti Google Glass pun dilarang di beberapa negara bagian. Mengemudi memang membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi, dan Apple menyadari hal ini.



Perusahaan Cupertino tersebut menawarkan sebuah solusi yang disebut CarPlay. Menurut Apple, CarPlay dirancang untuk memberikan cara baru menggunakan iPhone dengan lebih pintar, aman dan menyenangkan. Pada dasarnya CarPlay merupakan sebuah in-car interface baru yang akan debut pada mobil yang diproduksi Ferrari, Mercedes dan Volvo.

Tak puas hanya dengan tiga nama besar di dunia otomotif tersebut, Apple juga berharap jika di kemudian hari produsen lainnya seperti BMW, Ford, General Motors, Honda, Hyundai dan Toyota akan mendukung upayanya.

Yang perlu dicatat, CarPlay bukanlah iOS yang disematkan ke dalam interface kendaraan. Menurut Apple, sistem ini pada dasarnya akan menghubungkan iPhone pengguna ke mobil. Nantinya pengguna dapat menggunakan navigasi suara melalui Siri dan meminta perangkat melakukan hal-hal saat mereka berkendara, seperti membaca pesan teks, mendikte balasan, arah peta, notifikasi dan sebagainya.

CarPlay juga akan mendukung aplikasi pihak ketiga seperti Spotify dan iHeartRadio. CarPlay dapat diaktifkan melalui tombol di steering wheel, dengan touchscreen mobil yang akan menampilkan ikon iOS. CarPlay akan diluncurkan sebagai update iOS untuk iPhone dengan Lighting connectors, sementara kendaraan yang kompatibel dengan CarPlay akan diluncurkan akhir tahun ini.

source : PT MEDIA DIGITAL LIMA
Disqus Comments