Selasa, 18 Juni 2013

Microsoft Rilis Aplikasi Office untuk iPhone, Dan Tak Hadir di iPad


Redmond : Microsoft baru saja merilis aplikasi Office untuk iPhone. Dengan demikian, pengguna iPhone kini bisa mengedit dan mengolah dokumen dengan menggunakan aplikasi kantoran khas Microsoft ini.

Dilansir dari laman The Verge, Minggu (16/6/2013), aplikasi untuk perangkat Apple ini baru tersedia untuk iPhone dan belum tersedia untuk iPad. Selain itu akses ke aplikasi Office bisa dilakukan setelah pengguna iPhone melakukan subskripsi melalui Office 365. Sejumlah kemampuan dasar Office di aplikasi Windows Phone 8 juga tetap hadir di Office untuk iPhone ini.




Dengan demikian pengguna iPhone bisa membuka dokumen yang disimpan di SkyDrive, membuat dokumen dan melakukan pengaturan atau settings. Dokumen Word, Excel dan PowerPoint pun didukung untuk bisa dibaca di iPhone.

Pengguna iPhone bisa membuat dokumen Word dan Excel. Sayangnya tak bisa membuat presentasi dengan PowerPoint dengan menggunakan iPhone.

Dilansir dari laman PC World, langkah yang dilakukan Microsoft ini terbilang lambat. Microsoft juga dianggap meluncurkan aplikasi Office ke iPhone setelah penjualan Windows 8 tak terlalu menggembirakan. Selain itu belum hadirnya Office di iPad memperlihatkan Microsoft masih melindungi perangkat komputasi Windows 8 dari serangan tablet sejenis iPad.

"Ini merupakan langkah yang tepat. Tapi sepertinya terlalu terlambat dan terlalu kecil (dampaknya)," kata Frank Gillet, analis dari Forrester Research. "Mereka harus membuat versi iPad untuk mendampingi iPhone secepatnya".

Selain itu Microsoft juga terlihat mempersulit pengguna iPhone dengan subskripsi Office 365. Sebab subskripsi untuk Office 365 Premium atau Office 365 ProPlus dibanderol seharga US$ 100 dan US$ 144 pertahun untuk tiap pengguna.

Karena itu Gillet lebih yakin QuickOffice untuk iOS yang dihadirkan Google akan lebih sukses. Apalagi Google hanya membanderol seharga US$ 19,99 dan gratis untuk konsumen Google Apps for Business.
Disqus Comments