Selasa, 07 Januari 2014

Qualcomm Umumkan Chipset Snapdragon 802, Khusus Smart TV & Set-Top Box

Nvidia sukses merebut perhatian para pengunjung di hari pertama pameran CES 2014 lewat pengumuman Tegra K1. Qualcomm selaku salah satu saingan utama mereka rupanya juga mengumumkan sebuah produk chipset baru, namun sayang kemampuannya masih di bawah chipset baru Nvidia tersebut.



Jika beberapa hari lalu Qualcomm telah memamerkan kemampuan grafis chipset Snapdragon 805 yang disiapkan khusus untuk produk perangkat mobile, kini Qualcomm mengumumkan sebuah chipset baru yang dirancang khusus untuk menghadirkan dukungan pada konten Ultra HD 4K di produk televisi dan set-top box: Snapdragon 802.

Selain menghadirkan kemampuan untuk memutar konten video 4K, prosesor ini juga akan memberikan kemampuan multitasking pada televisi dan set-top box. Jadi semisal Anda membeli sebuah produk televisi yang dilengkapi dengan Snapdragon 802, maka Anda akan bisa menonton film Full HD sambil melakukan browsing internet secara bersamaan (untuk keperluan mencari tahu siapa nama aktris baru yang di film tersebut mungkin, atau film apa saja yang pernah ia bintangi).

Prosesor ini juga memiliki kemampuan untuk menampilkan 4 buah video Full HD sekaligus dalam satu layar! Kemampuan tersebut mungkin akan jarang digunakan (kecuali menonton 4 buah channel sepakbola yang memainkan partai hidup-mati secara bersamaan), namun prosesor ini akan memungkinkan Anda melakukan streaming beberapa konten video ke perangkat lain.

Dengan cara ini, Anda akan bisa akur dengan anggota keluarga lain: anak-anak Anda bisa menonton film kartun favorit mereka di televisi, sementara istri Anda menonton sinetron atau acara gosip favorit dan Anda tetap bisa menonton pertandingan sepakbola via tablet masing-masing (atau sebaliknya).

Prosesor Snapdragon 802 ini memiliki dukungan untuk custom ROM Android selama masih berbasis firmware KitKat (Android 4.4), dan menggunakan 4 buah core Krait 1,8GHz dan GPU Adreno 330. Untuk fitur audio, chipset ini telah dilengkapi dengan dukungan untuk Dolby Digital serta DTS Surround Sound. Soal konektivitas wireless, ada juga dukungan untuk dual-band WiFi. Qualcomm mengatakan bahwa prosesor ini siap hadir di berbagai produk televisi, set-top box dan media player mulai akhir 2014.

thanks : MEDIA DIGITAL LIMA
Disqus Comments