Jumat, 14 Februari 2014

Rumor Beredar : Microsoft Bakal Hadirkan Aplikasi Android di Platform Windows & Windows Phone

Jika Anda ingat, kemarin ada kolom opini dari blogger Ars Technica yang berpendapat bahwa keputusan Microsoft & Nokia untuk merilis sebuah produk Android bisa jadi merupakan sebuah kesalahan besar, karena mereka merilis produk yang sama sekali tak terintegrasi dengan layanan mobile Google (Google Mobile Service). Kini ada kabar baru dari pihak Microsoft yang tampaknya malah akan menyikapi secara serius rencana penggunaan Android di dalam layanan mereka.


Laporan terbaru dari The Verge mengabarkan bahwa Microsoft sedang mempertimbangkan untuk menghadirkan dukungan bagi aplikasi Android di platform Windows (desktop) maupun Windows Phone (mobile). Perencanaan untuk langkah yang sangat radikal ini kabarnya tengah berlangsung walaupun masih ada di tahapan yang sangat awal.

Jika rencana ini bisa terealisasi, maka pergeseran strategi yang Microsoft lakukan bakal lebih ditujukan untuk menjawab masalah dari kurangnya aplikasi populer yang tersedia di kedua OS buatan Microsoft tersebut. Sekalipun saat ini telah mulai mendapatkan aplikasi populer seperti Flipboard dan Instagram, Windows Phone saat ini masih kesulitan menarik minat berbagai macam aplikasi populer yang telah beredar lama di iOS dan Android.

Microsoft bukannya diam saja terhadap masalah ini; produsen software terbesar di dunia tersebut telah bekerja keras untuk menarik minat para developer agar mereka berkenan menciptakan aplikasi bagi Windows Phone. Sayangnya upaya tersebut masih belum juga bisa mengejar ketertinggalan mereka dari iOS & Android.

Untuk memudahkan rencana ini, Microsoft harus mampu meastikan bahwa proses instalasi aplikasi Android di Windows Phone bisa dilakukan dengan sangat mudah. BlueStacks, sebuah perusahaan yang mampu memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi Android di komputer Windows tampaknya bakal memegang peranan penting dalam rencana ini.

Selain untuk meningkatkan potensi pangsa pasar serta volume pengiriman perangkat Windows Phone, hadirnya dukungan Android bakal mampu meningkatkan profil Microsoft sekaligus membangun basis bagi layanan cloud maupun enterprise. Peluncuran Nokia X tampaknya juga bakal menggunakan taktik serupa. Dengan berbagai pertimbangan tersebut, maka keputusan akhir akan sangat tergantung pada CEO terbaru Microsoft yaitu Satya Nadella.

source : PT MEDIA DIGITAL LIMA
Disqus Comments