Rabu, 13 November 2013

Secara Perlahan, Pengguna iPhone Mulai Tinggalkan Google Maps dan Beralih ke Apple Maps

Tahun lalu Apple sempat menjadi bahan tertawaan dari berbagai pihak lantaran buruknya kemampuan aplikasi iOS Maps. Begitu buruknya kualitas dari aplikasi tersebut, CEO Apple Tim Cook bahkan sampai harus melayangkan sebuah permintaan maaf resmi kepada para penggunanya.

Namun sebuah ada kalanya sebuah pengalaman pahit justru berbuah manis, sebuah data baru dari comScore memperlihatkan bahwa tingkat penggunaan Google Maps di kalangan pengguna iPhone telah menurun secara drastis selama setahun terakhir, sementara penggunaan Apple Maps malah melonjak naik.



Dari data comScore, Google Maps memiliki 58,7 juta pengguna aktif di bulan September 2013, sebuah penurunan yang tajam jika dibandingkan dengan jumlah pengguna aktif sebanyak 81,1 juta di periode yang sama tahun lalu. Untuk Apple Maps, comScore mencatat bahwa jumlah penggunanya telah meningkat hingga 35 juta pengguna aktif selama setahun terakhir, seiring dengan semakin banyaknya pengguna iPhone yang merasa bahwa Apple Maps kini telah mampu menjawab kebutuhan mereka.

Hal ini jelas sangat penting bagi Apple dan mengindikasikan bahwa sebagian besar pengguna perangkat iOS sudah cukup merasa puas dengan iOS Maps, dan akan langsung menggunakannya jika Apple menempatkannya sebagai opsi default di perangkat masing-masing. Memang masih ada sejumlah insiden kecil yang mewarnai perkembangannya, namun data comScore tersebut juga memperlihatkan tingkat keseriusan Apple dalam membenahi kekurangan mereka.

thank : gpgo
Disqus Comments