Selasa, 25 Februari 2014

MWC 2014 : Samsung Resmi Ungkap Galaxy S5 (Review lengkap dan Hands-on)

Samsung Electronics akhirnya mengungkap ponsel Android generasi kelima dari lini Galaxy: Galaxy S5. Seperti diperkirakan sebelumnya pengumuman Galaxy S5 dilakukan di ajang Mobile World Congress 2014 (MWC) yang berlangsung di Barcelona (24-27 Feb).

“Dengan Galaxy S5, Samsung kembali ke dasar untuk fokus memberikan kemampuan yang paling inti bagi konsumen kami. Konsumen tengah mencari perangkat mobile yang mampu menginspirasi dan mendukung mereka saat untuk meningkatkan kualitas keseharian hidup mereka. Galaxy S5 mewakili sebuah desain iconic yang menggunakan fitur dasar serta berguna demi fokus memberikan fungsi akhir smartphone ke pasaran melalui inovasi yang terinspirasi dari konsumen kami,” jelas JK Shin, Presiden dan Pimpinan Divisi IT & Mobile Communications Samsung.


Samsung Galaxy S5 menggunakan sebuah kombinasi kamera canggih, konektifitas cepat serta fitness tools yang mendukung gaya hidup sehat. Jika Anda tertarik membeli ponsel Android Galaxy S5, Anda bisa menanti rilis resminya di seluruh toko ritel Samsung dan opsel pada bulan April 2014.

Sebelum memutuskan menyisihkan uang jajan Anda untuk membeli satu unit S5, penting bagi Anda untuk mengetahui jeroan inti Galaxy S5. Seperti diungkap Samsung, Galaxy S5 memiliki spesifikasi sbb:

- Display: 5,1 inci 1080p HD Super AMOLED
- Prosesor: 2,5GHz quad-core
- Memory: 2GB RAM
- Kamera utama: 16 MP dengan 4K video recording
- Kamera depan: 2 MP
- Internal storage: 16GB/32GB (dapat ditambah via microSD hingga 128GB)
- Baterai: 2,800mAh
- OS: Android 4.4 KitKat
- Lain-lain: USB 3.0, NFC, Bluetooth 4.0, WiFi AC MiMo, IR Blaster dan Fingerprint Scanner

Di atas kertas, spesifikasi yang diusung Samsung Galaxy S5 memang terlihat sangat mengagumkan. Penampakan fitur Fingerprint Scanner juga merupakan nilai tambah demi meningkatkan sistem keamanan Galaxy S5. Selain itu ponsel Android terbaru dari Samsung ini juga memiliki sejumlan fitur unggulan yang super keren, berikut Fitur unggulan Samsung Galaxy S5

1. Kamera
Menggunakan kamera utama 16MP, Galaxy S5 juga dilengkapi Camera interface yang memungkinkan Anda memotret, edit dan share foto dengan sangat mudah.

Autofocus speed yang ditawarkan kamera Galaxy S5 merupakan yang tercepat di pasaran, bahkan hingga mencapai 0,3 detik. Sementara itu High Dynamic Range (HDR) yang disertakan mampu memproduksi ulang pencahyaan dan warna alami menggunakan intensitas di segala kondisi.

Satu lagi, kamera di Galaxy S5 juga dilengkapi Selective Focus yang memungkinkan Anda bisa fokus pada satu area khusus dari sebuah obyek sementara bagian background akan dibuat pudar (blur). Dengan kemampuan tersebut, Anda tidak perlu lagi menggunakan lensa tambahan untuk menciptakan efek shallow depth of field (DOF).

2. Konektivitas
LTE dan WiFi yang ada dalam Galaxy S5 adalah fitur paling mutahir saat ini. Kemampuan keduanya mampu mempersembahkan data speed super ngebut yang akan mempermudah segala kegiatan Anda di internet.

Galaxy S5 menggunakan generasi ke-5 dari WiFi 802 dan 2x2 MIMO, kompatibel dengan sebagian besar frekuensi LTE dengan LTE Category 4 standard. Bagi Anda yang belum puas dengan speed yang ditawarkan, Anda bisa memanfaatkan Download Booster. Ini adalah sebuah teknologi inovasi WiFi untuk meningkatkan kecepatan data dengan cara menggabungkan WiFi dan LTE secara berkesinambungan.

3. Membantu Lebih Sehat dan Aktif
Aplikas S Health mendapatkan update ke versi 3.0. Dengan demikian Galaxy S5 mampu menjadi piranti yang lebih lengkap untuk membantu Anda lebih bugar dan sehat. Aplikasi tersebut menawarkan perangkat fitness lengkap sehingga Anda bisa mengawasi dan mengatur pola hidup Anda. Adanya fitur pedometer, pencatat kegiatan olahraga, dan penghitung detak jantung semakin menjadikan Galaxy S5 + S Health lebih dari sebuah smartphone biasa.

4. Tampilan moderen dan glamor
Galaxy S5 masih menggunakan desain iconic milik Samsung. Meski demikian ponsel Android terbaru ini telah dipadu dengan desain tren moderen sehingga menghasilkan cover belakang yang unik. Anda juga bisa memilih sejumlah opsi warna yang disediakan; charcoal Black, shimmery White, electric Blue dan copper Gold.

5. Perlindungan dasar bagi ponsel
Galaxy S5 adalah ponsel dengan sertifikasi IP67. Artinya, ponsel Android ini telah mengantongi bukti uji anti-air dan debu. Selain itu S5 juga dilengkapi Fingerprint Scanner yang menghadirkan fitur penguncian screen biometrik super aman serta menjamin keamanan Anda dalam bertransaksi via ponsel.

Tak hanya itu, Anda juga akan mendapati fitur keren Ultra Power Saving Mode yang mampu mengubah display menjadi hitam dan putih. Fitur ini juga mampu menon-aktifkan sejumlah fitur sehingga Anda bisa menghemat konsumsi baterai.

Dan Baru-baru ini Samsung telah merilis sebuah “first look” video untuk flagship barunya tersebut. Video berdurasi 3 menit ini menunjukkan fitur hardware, termasuk back case, microUSB port, fitur water-resistant dan display 5 inci 1080p.

Video juga menampilkan fitur kamera baru dengan autofocus dan fingerprint scanner pada home button. Dengan begitu banyaknya fitur software pada Galaxy S5, Samsung mungkin membutuhkan waktu lebih dari satu jam, tetapi pada video ini hanya ditampilkan beberapa fitur saja. Fokus utama untuk software adalah fitur S Health baru yang menunjukkan pulse reader pada smartphone.

Bicara soal S Health, tentu akan mengaitkan pada smartwatch Galaxy Fit dan Galaxy Gear 2. Namun Samsung tidak menunjukkan banyak detail pada kedua perangkat tersebut. Tampaknya Samsung masih akan terus merilis video untuk mengungkap detail software dan hardware Galaxy S5 hingga rilis bulan April mendatang. Penasaran? Simak video-videonya berikut:








Disqus Comments