Sabtu, 22 Maret 2014

iTunes Store for Android? Apple Masih Mempertimbangkan

Aplikasi iTunes Store untuk perangkat Android kabarnya ada dalam benak Apple. Jika nantinya Apple bersedia merilisnya maka iTunes Store app maka pengguna perangkat Android akan bisa berlangganan layanan musik streaming di iTunes. Hal tersebut seperti dikabarkan oleh Billboard hari ini.


“Apple telah membuka dialog awal dengan petinggi label senior tentang kemungkinan rilis sebuah layanan streaming on-demand yang akan menandingi Spotify dan Beats Music, demikian yang dikatakan oleh tiga orang yang mengerti tentang pembicaraan tersebut. Apple juga tengah mempertimbangkan membawa iTunes App ke ponsel Android, pesaing Apple yang pertumbuhannya lebih pesat dari iPhone, kata sumber-sumber tersebut. Pembicaraan yang mengejutkan itu merupakan salah satu bagian dari strategi Apple untuk mengatasi penurunan dua digit penjualan download konten di AS via iTunes Music Store.”


Masih menurut sumber yang sama, Apple saat ini tengah mempertimbangkan mengambil opsi membawa iTunes ke Android karena penjualan album digital di AS mulai menurun. Besarnya penurunan itu bahkan telah mencapai 13% untuk periode mingguan yang berakhir 9 Maret lalu sementara penjualan per lagu turun 11%.

Seperti Anda tahu, layanan streaming memang sangat populer seiring perkembangan teknologi digital beberapa tahun terakhir. Layanan seperti Spotify, Pandora dan Youtube bahkan berhasil mendulang $1,4 miliar tahun lalu dari para pelanggan, iklan dan lisensi lagu. Nilai tersebut naik 39% dari tahun 2012 sementara keuntungan bersih dari download turun dari 3,2% menjadi $2,9 miliar.

source : PT MEDIA DIGITAL LIMA (gpgo)
Disqus Comments