Sabtu, 22 Maret 2014

Mau Kirim Pesan Tapi Tak Ada Sinyal Seluler & Internet? Bisa, Pakai FireChat! (Khusus iPhone)

Saat ini telah banyak aplikasi messaging yang menawarkan berbagai macam fitur unggulan yang benar-benar baru, seperti kemampuan self-destruct atau anonimitas sepenuhnya antar pengguna. Namun pernahkah Anda mendapati aplikasi yang akan memungkinkan Anda mengirim pesan walaupun di tempat yang tidak terjangkau oleh sinyal dari jaringan seluler?



Jika Anda adalah seorang pengguna iPhone, kini ada aplikasi baru yang akan memungkinkan hal tersebut: FireChat.

Ketika aplikasi lain menggantungkan komunikasi antar penggunanya dengan menggunakan GPS atau triangulasi dari menara seluler, aplikasi FireChat menggunakan metode komunikasi yang lebih sederhana: lewat Bluetooth dan WiFi untuk menyampaikan pesan dari tiap-tiap pengguna yang berdekatan. Dengan metode ini, Anda akan bisa membuka FireChat di ruangan bawah tanah dan tetap bisa melakukan chatting dengan teman-teman Anda, bahkan ketika tempat tersebut tidak terjangkau oleh sinyal jaringan seluler.

Jika Anda kebetulan sedang berada di sebuah konser atau pertandingan timnas di stadion, dan sinyal internet maupun seluler langsung menjadi rebutan dari ribuan pengunjung yang memenuhi lokasi tersebut, maka solusi dari FireChat ini akan memudahkan Anda untuk bertemu dengan rekan-rekan Anda menjelang ataupun selepas konser/pertandingan timnas jika lokasi Anda berjauhan satu sama lain.

Hebatnya lagi, tiap kali ada seorang pengguna baru yang log on ke FireChat, maka ruang lingkup layanan FireChat akan semakin meluas. Jadi selama ada sebuah perangkat dengan FireChat yang aktif dan bertindak sebagai simpul dalam sebuah rantai koneksi, maka tidak akan ada batasan geografis untuk seberapa jaringan yang bisa dihasilkan antar pengguna FireChat.

Aplikasi ini berfungsi dengan memanfaatkan salah satu fitur iOS 7 yang mungkin masih jarang diketahui, yaitu Multipeer Connectivity Framework. Fitur ini akan memungkinkan berbagai aplikasi untuk berkomunikasi satu sama lain secara lokal via Bluetooth atau WiFi, bahkan tanpa koneksi internet sama sekali.

Penasaran untuk mencobanya? Langsung saja download FireChat di App Store, gratis!

source : PT MEDIA DIGITAL LIMA (gpgo)
Disqus Comments