Rabu, 30 April 2014

Perubahan BESAR akan Terjadi di Android ?

Selalu ada fitur baru di rilisan Android versi baru. Setelah Android KitKat, tampaknya Google juga telah mempersiapkan sebuah kejutan manis bagi para Android fans yang disebut mampu mengubah Android secara keseluruhan.



Google kabarnya tengah bereksperimen agar perintah suara (voice commands) mampu memainkan peran yang lebih besar di Android. Jika sebelumnya voice command Google Now terbatas untuk pencarian di Google Search, bayangkan jika nantinya pencarian menggunakan suara “OK Google” bisa Anda lakukan di sembarang aplikasi.

Laporan terbaru Android Police mengungkap rencana Google mengenai perluasan fungsi voice command tersebut. Dikatakan bahwa Google ingin menjadikan perintah “OK Gogole” sebagai kata paling sakral di seluruh bagian Android. Artinya, Anda cukup katakan “Ok Google” untuk memulai pencarian konten dari dalam sembarang aplikasi Android untuk melakukan pencarian terkait aplikasi tersebut.

Sebagai contoh, jika Anda menggunakan aplikasi Gallery bawaan Android, Anda bisa ucapkan “OK Google” untuk memunculkan kotak pencarian. Dari sana Anda bisa meminta Google untku share atau edit sebuah foto. Bahkan Anda tidak perlu tap tombol apapun untuk menjalankan perintah share/edit foto.

Di versi Android saat ini, Anda bisa membuka Google Now dengan cara tap pada tombol mikrofon di widget di Home screen. Dengan Google Now, Anda bisa melakukan pencarian konten, mengatur alarm dan reminder, dan mengirim pesan ke contact. Pasti akan lebih keren ketika nantinya Anda bisa mengakses Google Now dari sembarang aplikasi di ponsel Android Anda, tidak harus kembali ke Home screen. Apakah Google akan memberikan fitur tersebut di Android 5.0?
Disqus Comments