Sabtu, 17 Mei 2014

Samsung Pastikan Tak Ada Update KitKat Untuk Galaxy S3 Internasional & S3 Mini

Kemarin SamMobile memposting bocoran informasi tentang 8 jenis perangkat yang akan mendapatkan update Android 4.4 KitKat. Walaupun Galaxy S3 terlihat masuk ke dalam daftar, namun statusnya telah diubah menjadi ‘n/a’ alias not applicable, dan catatan kaki di bawahnya menyatakan kalau update tersebut terpaksa dibatalkan karena Samsung tak mampu menyelesaikan masalah yang timbul dari penggunaan KitKat di TouchWiz untuk Galaxy S5.



Kini Samsung akhirnya memberikan kepastian tentang status tersebut dan mengumumkan bahwa Galaxy S3 versi internasional (GT-I9300) dan Galaxy S3 mini tidak akan mendapatkan update Android 4.4 KitKat. Ketentuan ini hanya berlaku untuk varian internasional saja, sementara varian S3 LTE di AS masih akan mendapatkan update KitKat karena menggunakan 2GB RAM.

Untuk S3 internasional & S3 mini, Samsung mengatakan bahwa kedua perangkat tersebut tidak bisa menjalankan KitKat secara lancar karena hanya menggunakan 1GB RAM. Sebelum Anda protes soal syarat minimal KitKat yaitu 512MB RAM, ada baiknya Anda ingat-ingat perbandingan respon Galaxy S5 & HTC One (M8) beberapa minggu yang lalu. Walaupun menggunakan prosesor yang lebih cepat ketimbang M8, tingkat respon S5 malah lebih lambat ketimbang M8.

Hal tersebut tak lain disebabkan oleh bloatware di dalam Galaxy S5, dan bloatware Samsung jugalah yang menyebabkan Galaxy S3 internasional urung mendapatkan update KitKat. Syarat 512MB RAM untuk KitKat hanya akan berlaku untuk perangkat yang menggunakan stock Android, atau perangkat dengan fitur yang minimalis.

Untuk TouchWiz versi terbaru yang lebih ringan (yang diperkenalkan Samsung dalam Galaxy S5), Samsung tampaknya memang sengaja ingin menyimpan fitur tersebut untuk perangkat yang lebih baru saja. Jika Samsung menghadirkan fitur baru tersebut kepada perangkat yang usianya telah mendekati 2 tahun, maka keputusan ini jelas akan mengurangi minat pengguna untuk mengupgrade perangkat lama mereka dan akhirnya malah berpotensi mengurangi tingkat penjualan Galaxy S5 bukan?

Well, jika Anda bersikeras ingin tetap menggunakan Galaxy S3 namun juga ingin merasakan Android 4.4 KitKat, maka solusi terbaik adalah beralih ke custom ROM.

source : gpgo
Disqus Comments