Selasa, 02 Juli 2013

Rumor : iPhone 5S Dilengkapi LTE-A untuk Download Super Ngebut


Android smartphone tercanggih saat ini, Samsung Galaxy S4, telah didukung oleh teknologi LTE-Advanced yang memungkinkan koneksi internet dan transfer data super cepat. Setidaknya di Korea Selatan, SK Telecom telah mempersenjatai Galaxy S4 dengan kemampuan tersebut. Yang menarik, SK Telecom sebagai opsel terbesar di Korea Selatan kabarnya juga akan memberikan kemampuan serupa pada iPhone 5S tak lepas dari pembicaraan serius yang tengah berlangsung dengan pihak Apple.

Adanya pembicaraan kerjasawa SK Telecom dan Apple untuk pengadaan teknologi LTE-A di iPhone 5S tersebut diungkap oleh Korea Times hari ini (2 Juli).



“Sejak tahun lalu, Apple telah menjual iPhone 5 dengan kemampuan backup yang disebut ‘multi-carrier telecom technology.’ Teknologi tersebut menawarkan layanan telekom yang sama dengan cara menggabungkan dua radio channel berbeda menjadi satu. Tetapi, LTE-A memiliki sebuah fitur dari LTE carrier aggregation (CA) yang memungkinkan operator bisa mengkombinasikan radio channel di dalam dan antar brand sehingga bisa meningkatkan speed jaringan. Sementara saat ini perangkat mobile yang memiliki dukungan LTE juga memiliki dukungan LTE radio channels, mereka hanya bisa download dari 1 channel dalam sekali waktu. Dengan CA, download bisa dilakukan secara terus-menerus dalam dua/lebih LTE radio channels.”


Mengutip salah satu petinggi SK Telecom, Korea Times mengatakan bahwa pihak Apple tengah mempersiapkan iPhone 5S dengan fitur LTE-A sementara pembicaraan mengenai hal itu masih berlangsung antara Apple dengan SK Telecom. Dikatakan pula oleh SK Telecom bahwa tidak ada alasan bagi Apple untuk tidak memakai teknologi LTE-A.

Perlu diketahui bahwa dengan LTE-A, Anda akan bisa download dengan speed 150Mbps dari sebuah iPhone 5S. Artinya, kecepatan itu 2x speed di iPhone yang ada saat ini. Namun apakah kesepakatan mengenai LTE tersebut bisa terwujud di iPhone 5S atau tidak

Thanks : koreatimes.co.kr
Disqus Comments