Selasa, 03 Juni 2014

8 Fitur Baru iOS 8

iOS 8 diumumkan dengan sebuah wallpaper penampakan ombak berwarna biru. Anda bisa download wallpaper iOS 8 tersebut baik untuk iPhone maupun iPad dan kini saatnya Anda melihat fitur dan kemampuan baru apa saja yang diusung Apple untuk iOS 8.


iOS 8 menyajikan user experience yang lebih sederhana, lebih cepat dan lebih intuitif. Didalamnya bisa Anda jumpai fitur baru, seperti iCloud Photo Library. Fitur ini memungkinkan Anda bisa menikmati foto dan video secara lebih mudah di seluruh bagian iDevice. Ada pula aplikasi Messages versi baru yang memudahkan Anda sharing voice, video dan foto hanya dengan satu kali swipe. Dan fitur baru yang telah banyak dibicarakan sebelumnya adalah Health app. Aplikasi ini memberikan gambaran lengkap atas kesehatan Anda. Tak hanya itu, iOS 8 juga membawa predictive typing untuk QuickType Keyboard, Family Sharing, iCloud Drive, dll. Dan berikut adalah rincian dari 8 fitur baru di iOS 8:

1. iCloud Photo Library
DI iOS 8, apliasi Photo dan iCloud Photo Library memberikan akses ke seluruh foto dan video, setiap waktu dan di setiap bagian iDevice. Foto-foto koleksi Anda bisa ditemukan dengan mudah dan dikelola di seluruh device yang terkoneksi. Photo app juga dilengkapi editing tools baru untuk mengatur kecerahan dan warna sementara dengan iCloud Photo Library, setiap pengaturan dan efek foto yang Anda buat akan terupdate secara otomatis di seluruh perangkat yang terkoneksi.

2. Messages
Chatting via aplikasi Messages kini semakin nyaman dengan adanya kemampuan chatting dengan sekali swipe. Tap untuk mengaktifkan Talk sehingga Anda bisa berbagi pesan suara juga foto dan video. Group messaging di iOS 8 kini dilengkapi kemampuan untuk menambah dan menghapus contact serta meninggalkan chatting dengan opsi ‘do not disturb.’ Anda nantinya bisa browsing ke seluruh foto dan video yang ada dalam chatting dan sharing lebih dari satu foto/video dalam sekali waktu. Andapun bisa share lokasi tempat Anda tengah berada via Messages selama 1 jam, 1 hari, atau lebih.

3. Health
Aplikasi baru Health berfungsi mengumpulkan informasi yang Anda pilih dari berbagai aplikasi kesehatan dan perangkat kebugaran yang Anda pakai. Dengan demikian maka informasi kesehatan Anda akan terangkum dalam satu tempat sehingga lebih muda diakses. iOS 8 juga menawarkan developer sebuah kemampuan agar aplikasi kesehatan dan kebugaran buatan mereka bisa saling berkomunikasi. Tentu saja dengan seijin si pemilik, setiap aplikasi tersebut bisa menggunakan informasi dari aplikasi lain sehingga menghasilkan lebih banyak informasi untuk menjaga kebugaran Anda. Sebagai contoh, data dari aplikasi Nike+ dengan NikeFuel akan bisa dipakai di HealthKit, berupa data tidur dan nutrisi untuk menciptakan user profile dan meningkatkan kemampuan atletik Anda.

4. QuickType
Keyboard QuickType kini dilengkapi predictive typing yang lebih pintar dan personal. QuickType memahami cara Anda berkomunikasi sehingga bisa menyarankan penggunaan frasa favorit yang kerap Anda pakai. Dengan demikian Anda bisa mengetikkan seluruh kalimat dengan cara menggunakan beberapa tap saja. Yang paling penting, apa yang dipelajari keyboard dari kebiasaan mengetik Anda tersebut dienkripsi dan tidak akan dikirim ke cloud server.

5. Family Sharing
iOS 8 memperkenalkan Family Sharing, fitur yang memudahkan Anda berkomunikasi dan berbagi berbagai hal dengan keluarga Anda, seperti apa yang baru saja Anda beli, foto dan calendar. Setiap anggota keluarga bisa saling browsing dan download konten yang telah dibeli di iTunes, iBooks dan App Store. Grup ini bisa diisi hingga 6 anggota yang semuanya harus memiliki Apple ID. Sebagai contoh, orangtua bisa membuatkan Apple ID untuk anak-anaknya, di dalamnya disertakan Ask to Buy, sehingga ketika mereka akan membeli konten akan membutuhkan persetujuan orangtau terlebih dulu. Fitur Family Sharing akan otomatis menjaga semua anggota yang terkoneksi dengan cara membuatkan sebuah fitur yang bisa diakses bersama (photo stream, calendar) dan menyertakan opsi untuk memasukkan anggota keluarga di perangkat yang dipakai masing-masing anggota.

6. iCloud Drive
Dengan memanfaatkan iCloud Drive di iOS 8, semua dokumen Anda akan bisa tersimpan dengan aman, bisa diakses dan diedit di seluruh device yang terkoneksi, baik iOS devices, Mac, Windows PC ataupun via browser di www.icloud.com. iCloud Drive membawa sebuah level yang benar-benar baru yang merupakan gabungan antar aplikasi sehingga memberikan kemudahan akses dan kemampuan mengedit file yang sama di berbagai perangkat.

7. Enterprise
Untuk konsumen enterprise, iOS 8 dibangun menggunakan model IT baru khusus untuk kondisi kerja yang selalu mobile dengan cara terus menginformasikan pada pengguna bagaimana perangkat mereka terkonfigurasi, dikelola dan dibatasi untuk sejumlah hal. iOS 8 menawarkan security yang lebih baik dan peningkatan manajemen dan produktivitas, termasuk perlindungan data untuk aplikasi bawaan iOS 8, kemampuan untuk mengeset respon berkaitan dengan urusan kantor, mengecek keberadaan teman sejawat dan konfigurasi Thread Notifications di Mail app.

8. Lain-lain
Secara keseluruhan desainiOS 8 mengalami peningkatan kualitas, dilengkapi notifikasi interaktif, akses cepat ke Contact yang kerap Anda hubungi, kemampuan akses antara inbox dan draft di Mail app, dll.

iOS 8 juga menawarkan kemampuan Spotlight yang melebihi kemampuan yang ada di perangkat, seperti artikel dari Wikipedia, mencari berita dari tempat-tempat yang tengah Anda kunjungi, dll.

iOS 8 (beta) telah bisa didownload oleh para developer mulai hari ini dan akan dirilis untuk publik musim gugur nanti (Sept). iOS 8 bisa dipakai di iPhone 4s, iPhone 5, 5s, 5c, iPod 5th-gen, iPad 2, iPad with Retina, iPad Air, iPad mini dan iPad mini Retina.

source : gpgo
Disqus Comments