Jumat, 06 Juni 2014

BBC Manfaatkan Piala Dunia 2014 Untuk Ujicoba Siaran Live Ultra HD (4K)

Setelah kemarin Intel mengumumkan komitmen mereka untuk merealisasikan produk televisi dengan tingkat resolusi Ultra HD (4K) berharga terjangkau, kini teknologi tersebut mendapatkan dukungan baru dari stasiun televisi utama di Inggris. BBC hari ini mengumumkan bahwa mereka siap menyiarkan sejumlah pertandingan langsung Piala Dunia 2014 dalam tingkat resolusi 4K sebagai bagian dari program ujicoba mereka dengan rekanan terpilih Arqiva.


Namun seperti yang telah disebutkan di atas; mengingat program tersebut masih dalam tataran ujicoba, maka siaran langsung 4K ini akan dilakukan secara tertutup alias bukan untuk konsumsi umum. Dalam ujicoba tersebut, BBC akan melihat kemampuan streaming Ultra HD bagi televisi 4K maupun internet. Metode streaming dianggap sebagai metode yang paling memungkinkan dalam penyebaran konten 4K di masa mendatang.

Jika proses ujicoba tersebut sukses, maka hasilnya akan dijadikan sebagai acuan dari standar baru stasiun televisi di seluruh dunia dalam melakukan siaran live Ultra HD. Sekedar catatan, Sony selaku sponsor resmi di Piala Dunia 2014 mendatang juga bakal menyiarkan sejumlah pertandingan pilihan dalam tingkat resolusi 4K. Bedanya, konten milik Sony tidak disebar secara live; Sony akan mengkonversinya menjadi konten 4K terlebih dahulu dan menyebarnya bagi para pelanggan di kemudian hari.

source : gpgo
Disqus Comments