Rabu, 10 September 2014

Apple Umumkan iPhone 6 Dengan Prosesor A8 & Display 4,7" Retina HD

Sekalipun misteri tentang iPhone 6 bisa dibilang sudah hampir tak ada lagi yang tersisa, namun pengumuman resmi dari Apple untuk produk flagship mereka di tahun 2014 tersebut tetap sangat layak untuk dinantikan. Mengawali acara peluncuran produk tahunan mereka di tahun 2014, Apple langsung mengumumkan produk yang telah lama dinantikan kemunculannya yaitu iPhone 6 & iPhone 6 Plus.


Sesuai dengan kabar yang telah beredar selama ini, iPhone 6 bakal menggunakan sebuah display berukuran 4,7 inci, sementara iPhone 6 Plus menggunakan display 5,5 inci. iPhone 6 memiliki tingkat resolusi Retina HD alias 1334x750 dengan tingkat kerapatan pixel 326ppi untuk menghadirkan sebuah sudut pandang yang lebih lebar bagi para pengguna.

Apple mengatakan bahwa lapisan kaca untuk display di iPhone 6 telah ‘dikokohkan hingga lapisan ion,’ tanpa menyebutkan lapisan kristal safir seperti yang telah banyak dibicarakan sebelumnya. iPhone 6 memiliki tingkat ketebalan 6,9mm, dan hal tersebut menjadikannya sebagai iPhone tertipis hingga saat ini, juga perangkat tertipis yang pernah diproduksi oleh Apple.


Untuk dapur pacunya, Apple bakal menggunakan prosesor A8 64-bit yang diklaim 25 persen lebih cepat ketimbang prosesor generasi sebelumnya, yaitu A7. Selain lebih cepat, chip ini juga mendapatkan dukungan dari sebuah chip grafis yang 50 persen lebih cepat dan 13 persen lebih kecil ketimbang A7 karena diproduksi lewat proses 20nm. Apple mengklaim bahwa performa prosesor ini mampu bertahan lebih baik & lebih lama ketimbang prosesor lain, dimana prosesor-prosesor tersebut biasanya melambat karena semakin panas.

Jika chip A7 memiliki dukungan prosesor ekstra yaitu chip M7, maka chip A8 mendapatkan bantuan dari chip M8. Chip ini merupakan sebuah prosesor yang khusus ditugaskan untuk memproses data-data dari sensor yang menangkap aktivitas olahraga pengguna. Hebatnya, chip M8 mampu membedakan jenis aktivitas fisik pengguna, seperti misalnya berlari, bersepeda atau bahkan menghitung seberapa banyak tangga yang sudah Anda lewati. Hal ini merupakan sebuah kelebihan yang masih belum bisa diterapkan di chip M7.

Untuk daya tahan baterainya, Apple mengklaim bahwa iPhone 6 mampu bertahan selama 14 jam untuk talk time, web browsing 10 jam, serta video playback selama 11 jam.

iPhone 6 juga memiliki dukungan untuk jaringan LTE advanced untuk memungkinkan download dengan tingkat kecepatan maksimal 150Mbps, serta memiliki dukungan untuk VoLTE dan carrier aggregation. Apple mengklaim bahwa kecepatan WiFi di iPhone 6 sudah meningkat 3x lipat ketimbang iPhone 5s dan kini memiliki dukungan untuk jaringan 802.11ac.

Pada fitur kamera, iPhone 6 masih tetap menggunakan kamera 8MP. Sekalipun tingkat resolusi tersebut belum berubah sejak iPhone 4s, namun Apple mengatakan bahwa mereka menggunakan sebuah sensor jenis baru dengan tingkat pixel yang lebih besar. Kelengkapan lain meliputi lensa dengan aperture f/2.2 dan dual-LED flash; mirip seperti iPhone 5s, serta digital image stabilization.

Untuk softwarenya, iPhone 6 bakal menggunakan iOS 8; lengkap dengan berbagai fitur baru serta HealthKit sebagai layanan terdepan.

Pre-order iPhone 6 siap dibuka mulai 12 September seharga $199 (plus kontrak berlangganan selama 2 tahun) untuk versi 16GB, $299 untuk versi 64GB dan $399 untuk versi 128GB. Pilihan warna yang dihadirkan adalah gold, silver & space gray, dan siap dikirimkan pada para pemesan mulai tanggal 19 September 2014. Masih belum jelas berapa negara yang bakal termasuk ke dalam gelombang pertama pengiriman iPhone 6, namun Apple mengatakan kalau iPhone 6 siap beredar di 115 negara ketika tahun 2014 berakhir.

source : gpgo
Disqus Comments