Jumat, 05 Juli 2013

RIP Doug Engelbart, Sang Penemu Mouse

Dr. Engelbart saat memperkenalkan mouse di tahun 1968 (credit: SRI International)

Douglas C. Engelbart adalah orang penting di balik berbagai penemuan dalam bidang teknologi komputer. Salah satu penemuan penting tersebut mampu mengubah cara manusia mengakses komputer, yang tak lain adalah mouse yang ia rancang saat berusia 25 tahun.



Di masa muda, Engelbart bekerja di sebuah labolatorium pemerintah di wilayah California. Tidak ingin hanya bekerja monoton untuk pemerintah, Engelbart mencoba banyak hal dan berhasil membuat berbagai temuan baru yang hinga hari ini berguna bagi dasar internet dan komputer secara luas.

Dr. Engelbart memperkenalkan penggunaan mouse di tahun 1968, di hadapan lebih dari 1000 ahli komputer di seluruh dunia yang menghadiri Fall Joint Computer Conference di San Francisco. Dengan sebuah komputer interaktif yang ia kembangkan, Dr. Engelbart memproyeksikannya melalui sebuah video screen super besar. Ia memanfaatkan momen tersebut untuk memamerkan fungsi mouse yang bekerja dengan sebuah keyboard untuk menjalankan komputer rancangannya.

^paten mouse rancangan Doug Engelbart"

Di konferensi tersebut Dr. Engelbart memakai mouse yang telah ia kembangkan empat tahun sebelumnya. Di hadapan para pakar komputer, Dr. Engelbart menunjukkan bagaimana sebuah mouse bisa dipakai untuk mengontrol komputer, termasuk edit teks, video conference, hypertext dan mengatur window. Di tahun 1980an, mouse yang telah mendapatkan pembaruan akhirnya menjadi cara standar untuk mengontrol sebuah komputer.

Dr. Engelbart meninggal pada hari Selasa lalu (2 Juli), di rumahnya di Atherton, California. Karen O’Leary Engelbart, istrinya, mengatakan meninggalnya Dr. Engelbart akibat gagal ginjal.

Terimakasih untuk temuan mouse yang sangat berharga. RIP Dr. Engelbart.

source
Disqus Comments