Jumat, 05 Juli 2013

Seperti inilah Wujud Medan Listrik di MacBook Pro


Apple MacBook Pro memiliki medan listrik magnet dan listrik seperti pada umumnya laptop atau gadget elektronik lain. Tetapi tentu saja hal tersebut tidak bisa Anda lihat dengan kasat mata.

Mengobati rasa penasaran terhadap medan magnet dan listrik di sebuah MacBook Pro dan beberapa gadget lain termasuk ponsel dan radio, desainer Sturgeon dan Shamik Ray dari Copenhagen Institute of Interaction Design mencoba memvisualisasikannya.



Untuk mendapatkan gambar-gambar medan magnet dan listrik yang diinginkan, kedua desainer tersebut menciptakan sebuah ruang khusus. Ruangan yang dimaksud harus benar-benar senyap dan gelap. Eksperimen dilakukan dalam ruang tersebut selama tiga hari dengan bantuan sebuah Android app buatan mereka dalam sebuah Android smartphone yang bertugas sebagai scanner.

“Sebuah ponsel yang dilengkapi sensor magnetik di dalamnya, berfungsi seperti sebuah ‘kuas cahaya’ yang beraksi berdasar kekuatan EMF yang terbaca. Untuk menangkap deretan cahaya dari radio, ponsel digeser perlahan di atas radio sambil menunggu gambar long exposure diproses.”


Menurut Sturgeon, gratifikasi yang berasal dari proses menangkap setiap exposure merupakan cara serupa seperti yang dilakukan orang di dalam ruang gelap untuk proses fotografi, yaitu dengan mengamati setiap foto berproses secara perlahan.

Dua desainer itu juga mengaku cukup terkejut dengan beragam kekuatan magnetik dari obyek yang mereka teliti dan betapa kuat medan magnet muncul di sekitar hard drives dan komputer laptop juga ponsel. Mengejutkan karena ketiga gadget tersebut sangat dekat dengan keseharian mereka, termasuk Anda. Namun apakah medan listrik dan magnet yang dipancarakan itu memiliki dampak berbahaya bagi kesehatan manusia, masih diperlukan penelitan lebih lanjut.






source
Disqus Comments