Jumat, 05 September 2014

IFA 2014 : Samsung Rilis Samsung Galaxy Note 4

Samsung Galaxy Note 4 telah resmi diumumkan. Phablet Android ini menggunakan ukuran screen cukup lega yakni 5,7 inci dengan resolusi mencapai 2560 x 1440 pada display Super AMOLED HD. Seperti Anda tahu, kategori phablet diciptakan untuk menjembatani ukuran tablet yang cukup besar dan ukuran smartphone yang dinilai beberapa pihak terlalu kecil. Dengan kisaran ukuran 5-6 inci, phablet menjadi kategori baru di ranah mobile handset yang menuai sukses sejak peluncuran Galaxy Note generasi pertama beberapa tahun lalu. Dan berikut adalah rincian spek dari Samsung Galaxy Note 4 yang diumumkan sesaat setelah Galaxy Note Edge:


- 5,7-inch 2560 x 1440 Super AMOLED HD display
- 2,7GHz quad-core processor ATAU 1.9GHz Octa-core processor (tergantung negara tempat rilis)
- RAM 3GB dan internal storage 32GB, microSD up to 64GB
- Kamera belakang 16MP with optical image stabilizer, kamera depan 3,7MP dengan f/1.9 aperture
- Dual-band WiFi ac MIMI, Bluetooth 4.1, NFC, GPS w/ GLONASS, IR blaster, USB 2.0 and MHL 3.0
- Dimensi 153,5 x 78,6 x 8,5mm; Berat: 176gr
- Baterai: 3.220mAh
- S-Pen
- Android 4.4 KitKat

Dari daftar spek di atas, bisa Anda lihat Note 4 jauh lebih tangguh dibanding Note 3, juga Galaxy S5. Untuk bodynya, phablet Android ini tak terlihat jauh berbeda dari perangkat Galaxy lainnya. Di sisi belakang, tampak lapisan serupa kulit serta Home button terletak di bagian tengah di bawah screen. Untuk ukuran screen, tampaknya Samsung tidak ingin membuatnya lebih besar dari Note 3 sehingga Anda tidak akan menemukan perbedaan rasa saat menggenggamnya.

Meski memiliki ukuran screen sama dengan Note 3 namun Note 4 menggunakan resolusi display yang lebih besar. Menggunakan display Quad HD Super AMOLED, Anda bisa membandingkannya secara langsung dengan phablet Android LG G3. Untuk jeroannya, Note 4 menggunakan chipset Snapdragon 805 dengan speed 2,7GHz (atau Exynos octa-core 1,9GHz) sehingga menghasilkan kinerja super cepat. Bonusnya, Anda mendapatkan sebuah fingerprint scanner yang akan mengingatkan Anda pada iPhone 5s. Sebelumnya Samsung juga telah memberikan fitur tersebut di Galaxy S5 namun tentu saja di Note 4 fitur fingerprint scanner telah ditingkatkan kemampuannya.

Video di bawah ini akan menjelaskan lebih detil bagaimana aksi phablet Android Galaxy Note 4, lengkap dengan penggunaan stylus S-Pen:

Disqus Comments